• Jumat, 30 September 2022

Sulit Atau Mudah Menjadi BIkers Ramah Lingkungan, Berikut Penjelasannya

- Jumat, 24 Juni 2022 | 21:06 WIB

WARTECHNO.COM -  Susahnya menjadi biker yang bijak saat berkendara, niatnya pasti ada, namun ada saja kendala. Dan ujiannya. Maklum, tidak semua pengendara berkemampuan dan beretika setara. Telah menjadi rahasia umum, didunia dan negara kita kepadatan arus lalulintas telah mencapai puncak tinggi kepadatan.

Dengan semakin besarnya populasi kendaraan bermotor, otomatis pencemaran udara semakin menjadi polemik serius.Belum lagi, sampah – sampah makanan dan minuman kemasan yang menjadi masalah lain. Ini tentunya salah satu alas an mengapa kita tidak pernah mencoba bertindak sekecil apapun demi mengurangi permasalahan polusi dan sampah.

Kita semua harus mengakui dengan jujur, pencemaran lingkungan yang kita. lakukan sendiri,saatnya harus kita kurangi dengan tindakan mendukung perilaku ramah lingkungan. Langkah – langkah sederhana yang bisa kita lakukan, tidak akan berdampak jika. kita lakukan sendiri. Minimal kita dapat mempengaruhi dan mengajak orang lain secara,simultan berdasarkan perilaku kita keseharian.

Pemandangan ini bukan hanya saat waktunya jam bekerja ataupun masuk sekolah, jam – jam diluar aktifitas berangkat dan pulang bekerja pun lalulintas selalu padat. Salah satu penyebabnya jalanan selalu padat adalah jumlah kendaraan tidak seimbang dengan badan jalan yang tersedia.

Untuk melaksanakan niat tersebut, susahnya sangat sulit untuk memulai, meski beberapa gelintir orang telah berupaya secara sukarelawan memulai hal tersebut. Mendengar ungkapan menyelamatkan bumi bias jadi manusia dibumi ini menolehkan matanya alias pura - pura.

Ungkapan niat seseorang untuk menyelamatkan bumi, dipandang salah satu adegan di film kartun.Seperti mimpi seorang super hero dalam adegan film anak- anak.Bertindak menyelamatkan bumi ,bias kita mulai dari hal yang ke musuh utama kita adalah pil dalam aktifitas kita sehari – hari. Pembenahan perilaku saat menyiapkan kendaraan, saat sebelum berkendara dan dan berada di atas kendaraan dapat kita manfaatkan melakukan hal kecil demi bumi kita.

Apalgi bagi seorang biker, entah anggota komunitas klub maupun perseorangan tentu sangat,mendambakan lingkungan bersih dalam rute perjalanan kita. Kita ambil contoh, saat kita berkendara di alam bebas yabg asri dan sejuk, tentu membuat kita tersenyum lepas, tidak ada,emosi dalam berkendara, sehingga nihil kecelakaan lalulintas. Situasi Asri, sejuk dengan udara bersih selalu kita rindukan. Kenapa kita tidak berusaha menciptakan situasi tersebut didalam,situasi berlalu lintas keseharian. Dengan perilaku kita yang telah menunjukan sebagai biker ramah lingkungan, tentu dilihat bikeratau pengendara lain. Dengan begitu dapat mengajak sebanyak mungkin orang untukmelakukan hal – hal ini :

  1. Bawa Botol Minum Pribadi :

Dalam beraktifitas berkendara kita pasti memerlukan minuman untuk mengurangi dehidrasi yang menyebabkan kelelahan. Saat ini, minuman kemasan sangat marak dipasaran. Imbasnya,tentu saja botol plastik bekas minuman kemasan ini, akan menjadi seperti kita ketahui, sampah plastik sangat sulit untuk melebur dengan tumpukan sampah lain. Memang ada proses,daur ulang untuk sampah plastic tersebut,namun minimal kita mengurangi kesulitan dan,dampak lingkungan akibat sampah plastik.Bila dibakar pun, asap dari sampah plastic ini menyebabkan pencemaran udara.

Idealnya, biker pengendara, selalu membawa botol minuman sendiri yang dapat diisi ulang dan pastinya lebih irit dan berdampak baik pada lingkungan. Dampak minuman beraneka ragam rasanya, bagi biker tidak baik pada konsentrasi berkendara. Ancaman mengantuk akan selalu ada, kalau terlalu mengandalkan minuman berasa manis. Memperlakukan Kendaraan Dengan Seksama. Sebagai biker, tentu anda tidak ingin terlepas dari sepeda motor. Perlunya memperlakukan sepeda motor anda, layaknya anda memperhatikan diri sendiri. Meski hanya sebagai benda,sepeda motor tentu adalah singkronisasi dengan pemiliknya. Setidaknya, secara enteng kita berbicara kalau sepeda motor kita juga seolah – olah bernyawa. Ini adalah sebuah secara tidak langsung sebagai bentuk sinergi kecocokan antara pengendara dan sepeda motornya. Mau diajak kemanapun dan bermanuver apapun kalau telah singkron terasa lebih greget.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

X