• Jumat, 30 September 2022

Jika Malas Merawat Knalpot Motor, Ini Dia Efek kronisnya

- Selasa, 3 Mei 2022 | 10:37 WIB

WARTECHNO.COM-Wajib hukumnya untuk membersihkan knalpot setelah hujan ,air hujan yang mengering pada motor bisa menyebabkan kerak pada knalpot motor. Penyebabnya kandungan asam pada air hujan cukup tinggi karena polusi udara, sehingga membersihkan knalpot motor setelah hujan sangat penting.

Karena knalpot berperan sebagai penerus gas buang yang juga menentukan tenaga motor. Jadi wajar dan harus dirawat agar terbebas dari efek karat dan keropos dan menyebabkan masalah pada pembakaran. Jika tidak dirawat, membuat pembakaran menjadi tidak maksimal, sehingga penggunaan bahan bakar serta tenaga motor tidak bisa maksimal.

Jika tidak tidak rajin dibersihkan akan menimbulkan kerak, dan kerak ini semakin lama akan semakin tebal yang menyebabkan knalpot menjadi berkarat. Langkah pertama agar terbebas dari ancaman karat, dengan menyiram knalpot setelah terkena genangan atau air hujan dengan air bersih. Kemudian mengeringkannya,berlanjut menyemprotkan cairan anti karat untuk mencegah karatan pada knalpot.

Langkah perawatan berikutnya yaitu dengan memanaskan mesin Secukupnya, supaya motor bisa membuat motor tersebut terjaga dan dalam kondisi yang optimal. Cara ini cukup efektif jika digunakan pada motor 4 tak agar tidak cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin. Penyebabnya pemanasan motor dalam waktu yang cukup lama bisa memberikan pengaruh buruk pada motor.

Untuk menghilangkan kerak tebal, bisa membersihkannya dengan cara menyikat knalpot tersebut. Pastikan knalpot sudah dalam keadaan dingin jika Anda ingin menyikatnya.

 

Material knalpot diantaranya dari chrome dan gampang tergores, cara membersihkannya dengan bahanlembut. Lubang silencer bisa dilakukan dengan menggunakan oli dan mengoleskan secukupnya. Cara ini bisa dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali. Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer maupun leher knalpot yang dekat dengan bagian tersebut.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Infront Umumkan Resmi promotor Baru  MXGP Indonesia

Minggu, 18 September 2022 | 16:43 WIB

Mengenal Tipe Mekanisme Katup Pad mesin Kendaraan

Rabu, 16 Februari 2022 | 12:07 WIB
X