• Minggu, 26 Juni 2022

Cara Mengatasinya Karburator Motor Nembak dan Kenali Penyebabnya

- Selasa, 3 Mei 2022 | 10:44 WIB

 

 

WARTECHNO.COM – Pernahkan mengalami knalpot motor tiba-tiba muncul bunyi meledak ketika dikendarai? Kalau mengalami hal ini tentu akan kaget. Bunyi yang keluar pun cukup kencang dan sebenarnya berasal dari bagian karburator.

Penyebab karburator motor nembak sendiri bisa karena beberapa hal : Mulai dari masalah pada choke, matinya busi atau karena masalah suplai udara di karburator. Sebagai pengendara sepeda motor wajib paham apa saja penyebab serta bagaimana cara mengatasi yang benar.

4 Macam Penyebab Karburator Motor Nembak

Walaupun suara berasal dari knalpot, permasalahan bukan karena rusaknya knalpot motor melainkan bagian mesin. Jadi Anda tidak perlu mengecek kondisi knalpot ketika suara ini muncul. Supaya Anda tidak bingung mana saja yang harus dicek, bisa memperhatikan penyebab karburator motor nembak berikut ini :  

-Choke Motor Mengalami Masalah

Motor dengan sistem karburator pastinya terdapat choke, dan memang membutuhkan choke pada saat menyalakan motor dari kondisi dingin. Dengaan bantuan choke,suplai bahan bakar sesuai dengan udara dan pembakaran dapat terjadi dengan sempurna.

Choke adalah komponen yang bisa dibuka dan ditutup, jika lupa untuk menutupnya kembali, maka suplai bensin akan berlebihan dan bisa menimbulkan suara keras dari knalpot.

Membuka dan menutup choke terlihat sepele namun ternyata bisa memberikan efek yang cukup besar, yaitu suplai bahan bakar kembali normal.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Mengenal Tipe Mekanisme Katup Pad mesin Kendaraan

Rabu, 16 Februari 2022 | 12:07 WIB

Athar Selalu Eksis di Multi Balapan, Ini Alasannya

Rabu, 2 Februari 2022 | 16:21 WIB

Tips Berhenti Mengandalkan Rem Belakang & Kopling

Minggu, 30 Januari 2022 | 12:18 WIB

Terpopuler

X