• Jumat, 30 September 2022

Motor Wajib di Cuci, Hindari Ini Agar Lancar di Stater

- Selasa, 3 Mei 2022 | 11:22 WIB

WARTECHNO.COM - Kewajiban yang harus dilakukan para pengendara motor, salah satunya rutin mencuci besutannya. Alasannya? Aktifitas berkendara harian pastinya menghadapi berbagai cuaca dan kontur kondisi jalan. Terlebih di musim hujan dan melintasi jalan off road. Tapi  wajib diingat, proses mencuci motor dilarang asal mencuci, malah menjadi sulit untuk distarter atau dihidupkan. Meskipun tidak berbahaya untuk kesehatan motor, namun hambatan seperti ini bisa sangat mengganggu, khususnya saat sedang terburu–buru.

Berikut adalah 3 komponen yang sebaiknya diperiksa saat motor sulit dinyalakan sesaat setelah dicuci.

Karburator

Ketika dicuci, mungkin saja ada air yang tidak sengaja masuk ke dalam mangkuk karburator. Komponen yang satu ini adalah lokasi pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara dan keberadaan air tentu sudah pasti bisa sangat mengganggu.

Solusinya, coba buka mangkuk karburator dengan sebelumnya Anda harus sudah menutup kran bensin terlebih dahulu.

Perangkat sistem pengapian

Tidak hanya cop busi, bagian elektroda dari busi juga mungkin saja mengalami kelembaban kerana terkena air ketika motor dicuci. Selain memastikan komponen ini kering, kita juga sebaiknya mengecek kondisi kelistrikan.

Pertama, pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Lalu, nyalakan motor dengan kick starter. Kalau ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tidak bermasalah.

 

Kop Busi

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Infront Umumkan Resmi promotor Baru  MXGP Indonesia

Minggu, 18 September 2022 | 16:43 WIB

Mengenal Tipe Mekanisme Katup Pad mesin Kendaraan

Rabu, 16 Februari 2022 | 12:07 WIB
X