• Selasa, 29 November 2022

Ini Dia Sosok Penting Kontroler dan Mentor Pebalap FIM MiniGP

- Sabtu, 10 September 2022 | 21:38 WIB

WARTECHNO.COM - Untuk kali pertama, Indonesia mendapatkan slot menyelenggarakan rangkaian kejuaraan FIM MiniGP. Kompetisi menuju jenjang berkarir di ajang balap dunia di selenggarakan oleh FIM bekerjasama dengan IMI dan STI ( Sport Talenta Indonesia ) selaku promotor dan juga Lightning Production penyelenggara event yang menggunakan motor Ohvale GP-O 160cc.

Totalitas dalam membentuk talenta muda perlu eksekutor yang familiar dan mengalami langsung sesuai standar balap internasional. Mentor dan kontroler diperlukan oleh pebalap muda belia. Makanya konsep FIM MiniGP yang di prakarsai oleh STI ( Sport Talenta Indonesia ) bersama Happy Kurniawan Harinto tepat menunjuk Doni Tata Pradita sebagai Technical Manager STI untuk FIM MiniGP Indonesia. Doni Tata Pradita yang lahir  di Yogyakarta 21 Januari 1991 adalah pembalap Indonesia pertama yang berpartisipasi dalam balap Grand Prix 250 cc, paham betul standarisasi balapan dunia.

Sosok Doni Tata Pradita sebagai Technical Manager STI untuk FIM MiniGP Indonesia, mulai dari proses kualifikasi hingga putaran 1-2 di sirkuit Bukit Peusar Tasikmaya Jawa Barat, seksama memperhatikan dan mencatat dengan detail performa tiap peserta FIM MiniGP. Doni DTP#5 mencatat hasil catatan waktu dan karakter gaya balap masing – masing pebalap muda usia.

Doni Tata mengamati dan merekam potensi sejak sesi warming up hingga sesi race. Mantan pebalap yag mengawali karir Bersama Yamaha Indonesia dan menjuarai Yamaha Asean Cup 2003 – 2004, teliti mengarahkan pebalap yang lolos seleksi sebelum memulai balapan sebenarnya.

Pebalap yang pernah berkarir di Kejuaraan Dunia 125cc tahun 2005 dan 250cc tahun 2007 ,Kejuaraan Dunia Supersport tahun 2009, Kejuaraan Dunia Moto2 Tahun 2013 dan ajang Suzuka 4 Jam 2017, menerapkan Standarisasi  mutlak soal kualitas dan performance peserta. Point penilaiannya mulai dari lap time, Riding style, Breaking point , Shifting up / down , Engine Brake, Stamina Pebalap , Rider Attitude, Cornering Speed, hingga posisi riding position dan karakter riding style.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Hasil Lomba Grand Final Indiel Series 2023

Minggu, 20 November 2022 | 23:48 WIB
X