• Selasa, 29 November 2022

Tujuh Aturan Crosser Selonjorkan Kakinya ! Ini Fakta dan penjelasannya  

- Kamis, 22 September 2022 | 13:21 WIB

 

 

WARTECHNO.COM – Kompetisi Motocross selain indentik dengan lompatan di obstacle, camel dan lumba-lumba juga ada “Foot out and sliding” yaitu selonjorkan kaki ( Legs Regs ) ketika akan memasuki tikungan, sebagai penyangga dan penyeimbang.

Foot out and sliding  juga melambang kesejukan dalam motorcross, tetapi, juga digunakan ketika kondisi tidak memungkinkan dan jarang juga digunakan oleh pebalap dengan skill tinggi dan sempurna tingkatannya.

Alasan utama untuk menjulurkan kaki bagian dalam ke sudut adalah untuk memindahkan berat badan ke depan. Saat kaki diproyeksikan ke arah perjalanan, pinggul pengendara ditahan di tempat di jok.

Aksi Legs Regs yang indentik dengan motocross ternyata mempunyai Teknik dan aturannya, yang dijabarkan berikut:

Aturan Satu: Rentangkan kaki pebalap langsung ke depan (jaga agar sedekat mungkin dengan garis tengah motor ). Jangan menjulurkannya ke samping seperti pacul kecuali jika  ingin merobeknya hingga ke belakang.

Aturan Kedua: Jangan menyentuh tanah dengan kaki. Mengapa? Karena ketika kaki menyentuh tanah, efek penyeimbang kaki hilang dan motor berubah dari seimbang pada kedua dua roda menjadi ditopang di tiga titik. Menyentuh tanah dapat mengubah titik keseimbangan motor.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Hasil Lomba Grand Final Indiel Series 2023

Minggu, 20 November 2022 | 23:48 WIB
X