• Minggu, 26 Juni 2022

Sejarah AMA Supercross Sangat Fokus Maintenance dan Entertainment Berkelas

- Jumat, 1 April 2022 | 11:36 WIB

 

 

WARTECHNO.COM - AMA Supercross Championship adalah seri balap motor Amerika di dirikan oleh American Motorcyclist Association (AMA) pada tahun 1974, balapan AMA Supercross Championship diadakan dari Januari hingga awal Mei. Supercross adalah varian dari motorcross yang melibatkan sepeda motor off-road di trek tanah yang dibangun yang terdiri dari lompatan curam dan rintangan; trek biasanya dibangun di dalam stadion olahraga. Aksesibilitas yang mudah dan kenyamanan tempat-tempat stadion ini membantu supercross melampaui motorcross off-road sebagai atraksi penonton di Amerika Serikat pada akhir 1970-an

Balapan motorcross pertama diadakan di trek balap di dalam stadion berlangsung pada 28 Agustus 1948, di Stadion Buffalo di pinggiran kota Paris dari Montrouge. Ketika popularitas motorcross melonjak di Amerika Serikat pada akhir 1960-an, Bill France menambahkan balapan motorcross profesional ke dalam jadwal Daytona Beach Bike Week 1971.[2] Perlombaan tahun 1972 diadakan di Daytona International Speedway di trek yang dibangun di permukaan rumput antara tribun utama dan jalur pit.[2] Jimmy Weinert memenangkan kelas 250 dan Mark Blackwell adalah pemenang kelas 500.[2]

Acara yang membuka jalan untuk acara motorcross berbasis stadion yang dibangun adalah balapan tahun 1972 yang diadakan di Los Angeles Memorial Coliseum, yang dipromosikan oleh Mike Goodwin dan Terry Tiernan, presiden AMA saat itu, dan dimenangkan oleh Marty yang berusia 16 tahun. Perjalanan.[2][3] Itu disebut sebagai "Super Bowl of Motocross" yang mengarah pada penciptaan istilah "Supercross." Super Bowl Motocross II yang diadakan pada tahun berikutnya merupakan kesuksesan yang lebih besar dan, akhirnya berkembang menjadi kejuaraan AMA Supercross yang diadakan di stadion di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

AMA Mengemas Motocross dan Supercross Menyimpang ke dalam berbagai Bentuk Balap

Awalnya, setiap balapan AMA Supercross dipromosikan oleh promotor yang berbeda, terutama Mike Goodwin di Barat, Pace Motorsports di Midwest dan Southwest, Super Sports di Timur, dan Daytona International Speedway, yang mempromosikan balapannya sendiri. Pada 1980-an, Mickey Thompson Entertainment Group (MTEG) mengambil alih wilayah Barat. Pada 1990-an, MTEG bangkrut dan Super Sports menjual bisnisnya ke Pace, yang menjadi promotor AMA Supercross utama (dengan Daytona terus menjadi satu-satunya yang bertahan). Pada tahun 1998, Pace dibeli oleh SFX Entertainment, yang kemudian dibeli oleh Clear Channel pada tahun 2000.[4] Divisi acara langsung Clear Channel dipecah menjadi Live Nation pada tahun 2005, dan divisi olahraga motor dijual ke Feld Entertainment pada tahun 2008, yang saat ini mempromosikan kejuaraan kecuali untuk putaran Daytona, yang dipromosikan oleh NASCAR Holdings (pemilik sirkuit).

Meskipun berkembang secara konsisten sejak tahun 70-an, jadwal Supercross modern sejak tahun 1985 semakin padat. Jadwal tersebut akan berlangsung dari Februari hingga November, dengan jadwal "luar ruangan" (Motocross) dan "dalam ruangan" (Supercross) yang bertepatan satu sama lain sepanjang tahun.

Pada tahun 1986, jadwal dipadatkan menjadi jadwal Januari hingga Juni, dan pada tahun 1998, seri mengadopsi format yang sekarang, dimulai pada awal Januari dan berakhir pada awal Mei, dengan balapan mingguan kecuali akhir pekan Paskah (minggu libur tradisional untuk motorsport di Amerika Serikat). Pada tahun 2000, kalender saat ini diadopsi dengan musim dimulai di daerah Los Angeles pada hari Sabtu setelah Kamis pertama Januari (antara 3–9) Januari dan berakhir dengan balapan awal Mei di Las Vegas, setelah itu Kejuaraan Motocross AMA "musim di luar ruangan" dimulai.

Jeremy McGrath memenangkan 7 gelar Supercross AMA Kelas Premier, membuatnya mendapat julukan "Raja Supercross"

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Terkini

Terpopuler

X