• Minggu, 26 Juni 2022

Mekanisme Katup Berikut Rangkaian Sistematisnya

- Jumat, 1 April 2022 | 11:51 WIB

WARTECHNO.COM – Umumnya pada motor 4 Tak  mekanisme Katup adalah rangkaian sistematis untuk membuka saluran intake. Ketika piston dalam posisi fase hisap terjadinya pembukaan. Apa yang dimaksud dengan mekanisme katup adalah rangkaian yang sudah tersistematis di mana tujuannya membuka saluran intake. Pembukaan terjadi ketika piston dalam fase hisap dan saat piston dalam fase buang maka saluran exhaust akan terbuka.

Mekanisme ini hanya diterapkan pada mesin kendaraan 4 tak. Berbeda dengan mesin 2 tak di mana saluran udara yang keluar dan masuk pada ruang bakar justru diatur oleh piston. Sehingga pada mesin 2 tak, dinding piston yang berperan untuk membuka dan menutup saluran intake serta exhaust. Sedangkan yang terjadi pada mesin 4 tak adalah udara masuk melalui kepala silinder dan sistem Valve Mechanism pun dibutuhkan.

Perbedaan ini juga bisa dilihat dari sistemnya. Di mana mekanisme katup dapat meneruskan putaran yang awalnya dari poros ke ongkol menuju camshaft. Putaran ini akan terus berjalan agar katup bisa bekerja. Perputaran yang terjadi ini sama dengan langkah yang terjadi pada silinder mesin. Apabila disimpulkan, mekanisme ini tak hanya bisa bergerak, namun memiliki timing kerja yang sesuai. Sehingga udara yang masuk dan gas yang dibuang bisa sesuai.

Ada udara yang masuk dan ada pula yang dikeluarkan. Sistem katup pada kendaraan roda dua yaitu OHV, SOHC dan juga DOHC.

 

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Terpopuler

X