• Jumat, 30 September 2022

Mau Tahu Kapan Saatnya Pelumas Mesin Motor Perlu Pembilasan? Ini Uraiannya

- Selasa, 3 Mei 2022 | 10:55 WIB

WARTECHNO.COM – Pelumasan mesin selain penting untuk performa motor, juga hal vital kondisi part jeroan mesin. perlunya menggunakan oli berkualitas, atau[ jika dana terbatas, bisa mengakali dengan menenntukan masa pakai pelumas mesin.

Semua pengendara atau pemilik motor pasti pernah mengalami sering gonta-ganti merek pelumas yang berbeda saat ganti oli motor kesayangan. Disarankan, melakukan pembilasan oli mesin . Ini perlu dilakukan untuk mengurangi endapan aditif masing-masing merek oli pada bagian mesin.

Tetapi itu berlaku jika pelumas sebelumnya menunjukan ada permasalahan, misalkan saat di Drain ( dikeluarkan dari mesin ) terlihat tidak normal atau jauh berkurang volumenya. Dengan kondisi begitu, berarti keadaannya mendesak untuk di flushing atau dilakukan pembilasan. Juga ketika motor terendam banjir, juga wajib di kuras dan di bilas.

Alasan tidak mendesaknya pembilasan oli mesin motor karena teknologi pelumas untuk mesin motor didasarkan pada beberapa bahan baku aditif dan base oil yang secara kimia relatif bersahabat satu sama lain, sehingga kemungkinan adanya ketidak cocokan juga relatif kecil.

Kasus untuk dimotor tidak sama dengan teknologi pelumas mesin-mesin industri, yang bahan bakunya cukup variative.  Sehingga pembilasan adalah hal yang wajib diperlukan agar efek samping ketidak cocokan secara kimiawi bisa dihindari. Jadi, pembilasan di mesin motor sebenarnya lebih bertujuan untuk menghindari dampak negatif dari buruknya kondisi pelumas after used yang tersisa di mesin motor.

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

X