• Minggu, 26 Juni 2022

Siap Siap Saksikan Finalis FIM MINI GP INDONESIAN SERIES 2022, Siapa saja Pebalap yang Kompetitif?

- Kamis, 23 Juni 2022 | 12:27 WIB

 

WARTECHNO.COM - Seleksi FIM MINIGP INDONESIAN SERIES 2022 yang berjalan dua putaran di Sentul Karting International Circuit ( SKIC ), Bogor Jawa Barat telah menghasilkan telenta muda belia yang berbakat dan berkesempatan mengikuti ajang kejuaraan FIM MINIGP INDONESIA  SERIES 2022 16 – 17 July 2022 di SKIC. Program kompetisi menuju jenjang berkarir di ajang balap dunia di selenggarakan oleh FIM bekerjasama dengan IMI dan STI ( Sport Talenta Indonesia ) selaku promotor penyelenggara event yang menggunakan motor Ohvale GP-O 160cc.

Peserta seleksi yang berjumlah 34 rider berasal dari siswa racing school di Indonesia dan peserta privateer dibagi dalam dua  putaran yang di selenggarkan 15 Juni dan 20 Juni 2022.  Junior FIM MiniGP series ini wadah bagi pebalap muda yang talentanya akan teruji secara ketat di putaran tiap negara. Yang terbaik akan mendapatkan kuota Line Up ekosistem balap MotoGP. Kejuaraan yang akan berlangsung enam putaran ini di agendakan 16 Juli 2022, 17 Juli 2022, 13 Agustus 2022, 14 Agustus 2022, 24 Sepetember 2022, 25 September 2022.

Penilaian seleksi sesuai regulasi dari FIM MINIGP yang berlaku  sama di seluruh negara penyelenggara. Standarisasi yang menyaring kualitas performance peserta meliputi  dari lap time, Riding style, Breaking point , Shifting up / down , Engine Brake, Stamina Pebalap , Rider Attitude, Cornering Speed.

Pantauan dan penilaian peserta langsung di bawah pengawasan Doni Tata Pradita selaku Technical Manager Sport Talenta Indonesia ( STI ). Doni Tata mengamati secara detail mulai dari sesi warming up dan sesi selection race. Alhasil, akan terlihat pebalap yang memiliki potensi akan terekam dari posisi riding position dan karakter membawa motor, “ Kita kombinasi dari acuan lap time dengan karakter pebalap dari sisi teknis skill dan mental juga sikapnya. Dari cara bawa motor akan terlihat potensinya seberapa persen, karena ini ajang kompetisi dunia dan ada regulasi paten yang tujuannya agar semua pebalap dari tiap negara kualitasnya kompetitif. Kita semua menilai dan menyeleksi juga menimbang dalam porsi sesuai regulasi FIM Junior MINIGP, tujuannya agar pebalap yang terpilih mempunyai skill dan mental merata dan semua akan teruji saat kompetisi nanti yang di mulai 16 dan 17 Juli 2022. STI menenkankan kualitas kompetitif dan yang belum lolos seleksi masih ada kesempatan periode berikut, jika usianya masih masuk,” Jelas Doni Tata Pradita Technical Manager STI.

Dari pantauan redaksi, beberapa peserta terlalu jauh jarak atau gap antar pebalap. Artinya beberapa peserta masih belum sempurna riding style dan juga penggunaan engine brake nya terlalu kasar. Makanya data braking pointnya belum stabil tiap per lap tidak ada konsisten.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Terpopuler

X