• Selasa, 29 November 2022

Kualifikasi MXoN 2022 – Geerts Ungguli Tomac dan Jett - Hunter Posisikan Tiga Besar

- Minggu, 25 September 2022 | 23:53 WIB

WARTECHNO.COM - FIM Motocross of Nations edisi ke-75 berlangsung untuk memperebutkan Chamberlain Trophy tahun ini,di RedBud, Amerika Serikat. Perlombaan kualifikasi yang di ikuti 34 team, akan tersaing19 tim yang lolos. Sementara sisanya akan bertarung memperebutkan tempat terakhir di final B. Untuk tim yang mengincar podium, babak kualifikasi sangat penting untuk menentukan pilihan gerbang terbaik untuk laga utama.

Sementara itu Tim USA yang berpeluang besar, namun  kemenangan perlombaan kualifikasi jatuh ke tangan Jago Geerts (MXGP) dari Tim Belgia, Justin Cooper (MX2) dari Tim USA dan Dylan Ferrandis dari Tim Prancis (Terbuka).

Pada kualifikasi MXGP  penuh drama keseruan, Jeremy Seewer dari Tim Swiss yang menjadi pembalap terdepan di tikungan pertama saat ia memimpin Mitch Evans dari Tim Australia, Glenn Coldenhoff dari Tim Belanda dan Jago Geerts dari Tim Belgia, yang melakukan debut 450cc-nya.

Sementara itu, Eli Tomac dari Tim USA mulai turun di urutan ke-10, dalam usahanya menuju posisi lima besar. Seewer tampil solid memimpin, namun diambil laih oleh  Evans mengambil alih posisi pertama. Geerts berada di urutan kedua dan mendorong pebalap Australia. Dan Evans mampu bertahan  dalam dua lap dari desakan pebalap Belgia. Geerts memimpin terdepan dan mengatur ritme perlombaan.

Tomac yang jauh dibelakang Geerts, terus menekan Maxime Renaux dari Tim Prancis,dan melewatinya.  Empat lap menjelang akhir balapan, Tomac mampu melewati Evans dan mengincar posisi Seewer. Tomac memmanfaatkan  kesalahan Seewer dan melewatinya dengan lompatan dari sisi luar. Dalam dua lap tersisa, Tomac semakin deras menekan Evans dan dalam lap terakhir sukses melewati pebalap Australia dan finish dibelakang Geerts. Sampai akhir kualifikasi Geerts akhirnya memenangkan perlombaan di depan Tomac, Seewer, Evans dan Prado yang melengkapi lima besar.

Kualifikasi Heat MXGP – Top 10 Klasifikasi: 1. Jago Geerts (BEL, Yamaha), 24:49.598; 2. Eli Tomac (AS, Yamaha), +0:03,478; 3. Jeremy Seewer (SUI, Yamaha), +0:04.209; 4. Mitchell Evans (AUS,Honda), +0:16.694; 5. Jorge Prado (ESP, GASGAS), +0:17.469; 6. Glenn Coldenhoff (NED, Yamaha), +0:31.722; 7. Maxime Renaux (FRA, Yamaha), +0:44.095; 8. Dean Wilson (GBR, Husqvarna), +0:50.440; 9. Antonio Cairoli (ITA, KTM), +0:50.957; 10. Dylan Wright (CAN, Honda), +0:52.524;

Pada kualifikasi MX2, Guillem Farres dari Tim Spanyol berposisi lebih cepat berjarak tipis menggapai holeshot dari Kay de Wolf dari Tim Belanda. Setelah itu, keduanya dengan cepat dilewati oleh Justin Cooper dari Tim USA.

Cooper memimpin saat Hunter Lawrence dari Tim Australia naik ke urutan kedua di depan Andrea Adamo dari Tim Italia, Hardy Munoz dari Tim Chili, de Wolf dan Marvin Musquin dari Tim Prancis. Sedangkan,Valentin Guillod dari tim Swiss jatuh dan tidak melanjutkan balapan.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

X