• Selasa, 29 November 2022

Begini Penyebab Berkurangnya Usia Motor! Pahami Beberapa Faktor Ini!

- Minggu, 9 Oktober 2022 | 10:30 WIB

WARTECHNO.COM - Dalam berkendara motor juga penting memahami penyebab usia mesin motor. Dengan beberapa faktornya, Jika di abaikan akan berimbas ke bagian komponen lainnya,yang berujung ke sisi keselamatan dan kenyamananan saat berkendara. Perhatikan penyebab utama yang mempengaruhi usia motor :

Pahami Penggunaan Pelumas Mesin - Sistem pelumasan pada mesin wajib diganti seiring waktu demi mengoptimalkan kinerja mesin. Jangan lupa agar memperhatikan kualitas pelumas berikut kadar kandungan bahan baku yang digunakan. Menganti oli mesin secara berkala,selain untuk melindungi bagian yang bergerak juga mengurangi gesekan dan keausan. Termasuk melindungi mesin dari korosi dan membantu pendinginan mesin.

Pelumas mempunyai tugas sangat penting dalam hal melumasi komponen jeroan mesin, menjaga motor agar terjaga kondisi maksimal. Peran vital pelumas atau oli mesin, perlunya menggunakan oli rekomendasi pabrikan atau yang setara dan terpercaya kualitasnya.

Karena, Suhu panas pada mesin terjadi gesekan antar komponen , makanya fungsi adanya oli mesin bertugas mendinginkan dan menjaga suhu mesin pada batas ideal.

 Kurang Perhatikan Penggantian Filter Oli -  Jangan abaikan ganti filter udara, dan juga  dapat menggunakan filter udara dengan produk aftermarket yang berkualitas, adalah salah satu cara paling murah dan mudah untuk meningkatkan performa motor. Filter udara yang baik akan membuat mesin semakin leluasa ‘menghirup’ udara untuk mencapai performa maksimal.

Penyebab  mengabaikan perawatan dan penggantian filter udara, slaah satu penyebab usia motor lebih cepat berkurang performa dan kualitasnya. Karena fungsi filter udara sebagai sirkulasi suplay udara bersih ke karburator atau injector dalam mendukung proses pembakaran.Jika kotor dan sudah tidak layak pakai mengakibatkan  daya saring udara ke komponen pengabut pembakaran akan terhambat, performa mesin pun akan drop. 

Penggantian filter udara ini biasanya dilakukan ketika mencapai 15.000 km. Bahkan beberapa jenis motor ada yang disarankan untuk rutin mengganti filter udara lebih sering. Faktor terbesar yang memengaruhi umur motor, adalah ruang bakar yang tidak sehat dan tidak bersih.

Memaksakan Melintasi Genangan Air - Melintasi jalur genangan yang berpotensi water hammer, Artinya kondisi saat air masuk ke ruang pembakaran dan sistem pelumasan.Akan terjadi,Gejala hydrolocking, di mana air masuk melalui filter udara dan system pelumasan, mengakibatkan mesin mati mendadak.  Disarankan, menghindari area banjir, Jangan memaksa saat arus deras, Mengendalikan kecepatan, dan Mengecek secara detail setelah melintasi banjir.

Akibatnya kompresi air akan terjadi, dengan tekanan yang dihasilkan dari air bisa lebih tinggi yang justru menimbulkan dorongan pada piston berlebihan. Efeknya menyebabkan setang piston akan bengkok.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

X