• Minggu, 26 Juni 2022

Shoulder Cam Dipembalap MotoGP, Demi Entertain Apakah Dorna Terapkan di Musim 2022.Ini kata rider MotoGP

- Rabu, 10 November 2021 | 22:12 WIB
Alex Rins merasa senang sebagai rider testimoni Shoulder cam yang oleh Dorna sebagai peranti penambahan sisi entertain perhelatan ajang MotoGP agar lebih menarik dan mendorong publik lebih antusias..di sisi lain Rins Merasa kuatir kinerjanya terpantau jelas oleh pesaingnya..
Alex Rins merasa senang sebagai rider testimoni Shoulder cam yang oleh Dorna sebagai peranti penambahan sisi entertain perhelatan ajang MotoGP agar lebih menarik dan mendorong publik lebih antusias..di sisi lain Rins Merasa kuatir kinerjanya terpantau jelas oleh pesaingnya..

Wartechno.Com - Event motorsport memang wajib kentalkan sisi entertain, sebagai bekal menaikan perbendarahan penonton yang berujung sponsor semakin antusias supportnya. Dorna sebagai promotor MotoGP mencoba siss entartainnya meningkat dengan memasang camera di helicopter, lintasan sirkuit, paddock dan yang terkini shoulder cam di wearpack pembalap. Selain camera, Dorna juga memasang mic yang bertujuan penonton / pemirsa lebih dekat menikmati suara deru mesin motor balap MotoGP.

Nah soal shoulder cam di terapkan ujicoba pada wearpack Alex Rins#42, saat Free Practice 1 MotoGP Brembo Portimao 2021. Hasil pantauan Shoulder Cam terintergrasi dalam wearpack pembalap terbilang unik. Output POV ( Point Of View ) kamera di bahu pembalap ada efek merugikan bagi pembalap dan tim nya. Efek rugi tersebut bisa membuka data rahasia dan strategi. Pastinya akn bocor peranti mapping maupun pengoperasian peralatan. 

Aktifitas performan ibu jari Rins di bagian setang kemudi terekam jelas

Teknologi ini yang menghasilkan beberapa cuplikan on-track yang luar biasa. Contohnya rekaman shoulder cam yang di gunakan Alex Rins, pembalap lain dapat mengetahui teknik menekan rem belakang pada tuas handle jempol ( thumbrake ) pada trek lurus dan terutama di tikungan. Baik pembalap.dan penonton lebih leluasa menyimak kegiatan rider Suzuki EcStar ini pada bagian setang kemudi. Tuas dari aktivasi Ride Height Device yang terintegrasi pada jempol kiri Rins terlihat jelas rekam jejak selama putaran.

Salah satu pembalap memanfaatkan fungsi dan penggunaan shoulder cam oleh Rins#42, adalah Francesco Bagnaia. Pembalap yang menggeber Ducati ini sempat berkomentar " Saya mengamati hasil rekam dari kamera di bahu Rins dapat melihat rahasia Suzuki. jadi paham betul rahasia kekuatan Suzuki." Ujar murid dari The Doctor ini.

Bagi Pecco, idealnya shoulder cam ini digunakan hanya untuk melihat dan merekam kepentingan pribadi saat latihan dan tidak di ekpos. Artinya semakin memudahkan untuk kinerja para ahli riset. Ungkapan Pecco kuga senada di ungkapkan Rins yang secara jujur lebih cepat evaluasi kinerjanya.

Kamera bahu merupakan pengalaman baru bagi Rins dan testimoni awal bagi Dorna. Dibalik suka cita pemasangan shoulder cam, Alex Rins ternyata merasa kuatir rahasia pada GSX-RR dan skill riding nya terbaca pesaingnya.

Kinerja POV (Point Of View ) pada shoulder cam mengekpos  layar speedometer Suzuki GSX-RR, terlihat lebih jelas posisi gearbox, laptimer dan juga Tachometer. Bagi pembalap informasi tersebut menjadi poin penting memantau speed dan perantinya. Mari kita tunggu keputusan Dorna dari hasil uji coba shoulder cam apakah menjadi keharusan terpasang demi peningkatan nilai lebih entertain penikmat MotoGP.

 

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Terpopuler

X