• Jumat, 30 September 2022

Penyebab Serius Mempercepat Kerusakan Rantai Motor

- Jumat, 1 April 2022 | 11:28 WIB

WARTECHNO.COM – Selain perawatan rantai berkala, pemilik motor juga wajib memperhatikan tipikal penggunaan. Karakter berkendara menentukan umur rantai, apalagi minus perawatan tidak akan nyaman  dan aman berkendara.

Perhatian dengan seksama tentu akan menunjang umur ekonomis sepeda motor sehingga lebih lama. Untuk mencapai kenyamanan dan keamanan berkendara sebaiknya perbaiki karakter pemakaian dan perhatikan penyebab rantai rusak. Lebih detailnya simak ini:

Pengendara sering melakukan pengereman mendadak, dan akselerasi yang tidak stabil.

Rantai sepeda motor Anda terlalu kering, oleh karena itu, berikan pelumas secara teratur.

Rantai yang terlalu kering atau kekurangan pelumas dapat mempercepat timbulnya karat. Jika rantai motor Anda sudah berkarat, dapat mempercepat kerusakan rantai.

Sproket yang sudah aus juga dapat mempercepat kerusakan rantai sepeda motor.

Motor sering digunanakan pada medan yang berdebu atau berlumpur, hal ini akan mempercepat menempelnya kotoran pada rantai, sehingga kerusakan rantai juga lebih cepat.

Kenapa rantai sepeda motor berbunyi

Tidak jarang kita menemui atau mengendarai sepeda motor yang rantainya berbunyi. Rantai yang berbunyi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sprocket yang tidak center; pelumasan yang tidak teratur sehingga rantai terlalu kering; keteganan rantai tidak sesuai dengan batas toleransi, kemungkinan terlalu kendur atau terlalu tegang; dan penutup rantai yang miring atau tidak pas, sehingga terjadi gesekan antara rantai dengan penutupnya.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Memilih Kacamata Motocross Wajib Perhatikan Ini !

Minggu, 18 September 2022 | 21:32 WIB

Sistem Pengapian CDI-DC Lebih Banyak Kelebihan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:02 WIB

Menggunakan Rantai TDR, Begini Cara Perawatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
X