• Minggu, 26 Juni 2022

TDR CVT Pulley Assy Bikin Power dan Akselerasi Motor Matik Semakin Mumpuni

- Selasa, 19 April 2022 | 13:50 WIB

WARTECHNO.COM - Motor matik semakin banyak dijumpai di jalan raya, entah itu di wilayah pegunungan ataupun perkotaan. Salah satu sumber akselerasi motor matik adalah Roller, yang biasanya menenmpati enam slot di rumah Pully. Roller berfungsi untuk memberikan tekanan pada rumah roller atau pulley. Tekanan itu membuat rumah roller atau pulley depan bergerak, Bergeraknya roller ini memanfaatkan gaya lontar atau sentrifugal saat rumah roller diputar oleh tenaga mesin.

Untuk mendapatkan putaran roda sesuai kebutuhan pengendara, salah satu caranya adalah mengubah berat roller mengubah CVT Spring dan Pulley yang masuk ke paket high performance technology khas TDR.  Roller menentukan seberapa ringan dan berat power motor dari hasil daya mesin yang disalurkan ke CVT.

Dengan memanfaatkan gaya sentrifugal, roller mendorong pulley depan (drive pulley) seiring dengan kecepatan putarnya dari mesin. Pulley belakang pun mengembang yang sekaligus membuat v-belt meregang. Saat puli depan (drive pulley) mengembang, vanbelt bisa memutar puli belakang (driven pulley).

Gaya sentrifugal akibat pulley belakang memutar, mendorong kampas ganda untuk menekan rumah kampas ganda. CVT (Countinously Variable Transmission) adalah penggerak otomatis pada motor matik, yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda.

Saat rumah kampas ganda ikut memutar, gir dalam transmisi (gardan) ikut memutar juga. Dan pada akhirnya, tenaga yang dihasilkan dari putaran pulley depan (drive pulley) akan memutar roda pada motor matic.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Terpopuler

X