• Jumat, 30 September 2022

Simak Komponen Pada Kampas Rem Tromol Berikut Fungsinya

- Kamis, 28 April 2022 | 21:20 WIB

WARTECHNO.COM - Rem tromol sebagai salah satu model perangkat rem yang masih di aplikasi pada motor tipe tertentu, sangat penting dalam sistem pengereman.Kali ini waktunya memperjelas dan memahami apa itu rem tromol, berikut penjelasan fungsi dan cara kerjanya. Selain itu, beberapa komponen rem tromol juga akan dibahas.

Rem tromol dikenal dengan istilah brake drum,pada umumnya rem tromol terletak pada bagian roda belakang. Sebab itu digunakan untuk pengereman belakang.

Fungsi Rem Tromol untuk mengatur laju motor yang dikendarainya dan berhenti secara halus. Komponen yang ada pada rem tromol akan membantu sistem pengereman tersebut sehingga dapat bekerja dengan baik. Simak komponen yang terdapat pada rem tromol, yaitu :

  • Brake Drum, merupakan bagian rem tromol yang bertekstur keras karena bahan pembuatnya adalah baja tuang berbentuk seperti drum atau tabung. Komponen rem tromol tersebut memiliki fungsi menjadi media gesekan kampas rem ketika pengereman terjadi. Komponen yang satu ini letaknya di bagian tengah roda kendaraan. Tromol rem atau brake drum terbuat dari material padat dan tahan terhadap hawa panas.Ketika tromol dan kampas rem mengalami gesekan, laju roda akan mengalami pengurangan hingga akhirnya berhenti secara halus dan perlahan.

 

  • Brake Lining, adalah komponen yang dimiliki rem tromol,berfungsi sebagai media bergeseknya tromol rem. Selama pengereman terjadi, kampas semakin lama akan menipis. Oleh karena itu, kampas harus dicek secara berkala agar rem dapat bekerja secara optimal. Usia penggantian kampas tergantung ketahanan dan bahan yang digunakan. Kampas rem biasanya dibuat dari bahan yang memiliki tekstur lebih lunak namun tetap bisa melakukan gesekan.

 

  • Brake Shoe, umumnya disebut sepatu rem yang gunanya sebagai tempat kampas. Bentuk kampas rem tromol model melengkung, berbeda dengan kampas piringan yag datar.

 

  • Brake Cam Lever Saat tuas rem Anda tekan, brake cam lever akan menggerakkan sepatu rem sehingga tromol rem ikut tertekan. Tuas rem yang satu ini akan bekerja melalui brake cam di mana bagian ujungnya saling terhubung.

 

  • Brake Cam pada rem tromol memiliki fungsi sebagai penekan sepatu rem ketika tuas penggerak melakukan pekerjaannya. Bagian rem tromol yang satu ini letaknya di bagian ujung brake cam lever.

 

  • Return Spring, Bagian dari komponen tersebut adalah mengembalikan posisi brake shoe setelah pengereman terjadi. Letaknya berada di antara kedua sepatu rem dalam sistem rem tromol. Ketika pengendara mengerem, pegas akan melakukan penarikan pada sepatu rem agar kembali merenggang. Dengan demikian roda kendaraan akan dapat berputar kembali. Pada sistem pengereman.

 

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Memilih Kacamata Motocross Wajib Perhatikan Ini !

Minggu, 18 September 2022 | 21:32 WIB

Sistem Pengapian CDI-DC Lebih Banyak Kelebihan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:02 WIB

Menggunakan Rantai TDR, Begini Cara Perawatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
X