• Minggu, 26 Juni 2022

Radiator Berikut Mengenal Fakta Menarik, Mulai Dari Salah Tanggapan Hingga Fungsinya

- Selasa, 3 Mei 2022 | 11:09 WIB

WARTECHNO.COM  - Sistem pendinginan mesin, terutama bagian silinder ada tiga versi : Pendingin konvesional, Radiator dan Cooler. Motor saat ini, seiring dengan technologi berkembang, banyak tipe menggunakan radiator. Tujuannya, agar optimal menjaga temperatur mesin, terutama penggunaan di wilayah lalulintas padat. Banyak kelebihan dan kekurangannya jika belum memahami fungsi radiator dan mengenal cara kerja dan perawatannya. 

Fakta menarik seputar bagian pendingin motor wajib diketahui. Fungsi air radiator sebagai penjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Senyawa kimia yang terdapat didalamnya juga berfungsi sebagai proteksi pada bagian sistem pendingin. Terbuat perpaduan dua bahan utama, air radiator dapat mencegah logam di dalamnya terhindar dari korosi. Bahkan air radiator juga digunakan untuk menjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat mengalami pemuaian yang bisa menyebabkannya menjadi kaku.

Warna asli radiator memang tidak berpengaruh pada kualitasnya. Umumnya warna air radiator hanyalah simbol yang digunakan oleh produsen. Air radiator ada berwarna hijau maupun merah, sebaiknya pilih air radiator yang memiliki kandungan Ethylene Glycol tinggi. Bahan inilah yang memiliki pengaruh tinggi pada titik didihnya. Semakin tinggi titik didih dan kemampuan anti karatnya, maka performa dari air radiator tersebut juga semakin tinggi.

Rumor yang beredar, air mineral bisa menggantikan air radiator, jawabannya untuk kendaraan harian tidak disarankan. Jawaban Ya tapi hanya untuk motor balap yang harus mematuhi regulasi.dalam balapan semisal road racing, air radiator digantikan oleh air mineral,dengan tujuan ketika terjadi crash atau air radiator tumpah tidak membuat licin track aspal.

Air mineral memiliki kandungan garam yang notabene dapat menyebabkan karat pada bagian radiator-motor">radiator motor. Bagian yang memiliki potensi besar mengalaminya adalah bagian sirip dan kisi radiator. Karat yang ada pada radiator membuat sirkulasi pendinginan menjadi lebih lambat dan tersumbat. Alhasil, motor akan sering mengalami overheat parah.

Penggantian Air Radiator sebaiknya dikuras dan diganti secara total agar lebih maksimal fungsinya. Interval waktu pengurasannya ada takaran di setiap 9.000 sampai 10.000 kilometer. Bagi pengendara yang sering riding akjarak jauh atau touring, wajib jeli memeriksa kondisi air radiator.

 

Cara Kerja Radiator Motor

Cara kerja radiator menyerap panas yang terjadi pada bagian mesin motor, dan akan diserap oleh cairan radiator atau coolant.  Kemudian bersirkulasi melewati water jacket, cairan yang sudah panas tersebut kemudian akan menyebar ke seluruh bagian radiator melalui angin.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Terpopuler

X