• Minggu, 26 Juni 2022

Cara Merawat lampu AHO, Agar Awet dan Patuhi Peraturan lalulintas

- Kamis, 26 Mei 2022 | 09:42 WIB

WARTECHNO.COM- Peraturan lalu lintas UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang mengatakan bahwa: “Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari,banyak dikeluhkan oleh konsumen yang beranggapan bahwa lampu utama yang menyala terus menerus cenderung menghabiskan aki dan berpotensi membakar mika pelindung lampu . Pihak produsen sepeda motor  merancang sedemikian rupa  aplikasi Automatic Headlight On ( AHO ). 

Pada fitur ini, fungsi saklar pada kemudi kanan yang biasa digunakan untuk menyalakan lampu utama diganti dengan saklar dimmer untuk mengurangi suhu panas pada lampu depan. sinyal lampu yang diberikan, akan memudahkan pengendara lainnya untuk memahami kondisi lalu lintas sehingga dapat mengambil tindakan yang lebih aman. Berikut adalah tips merapat fitur AHO : 

  1. Tidak dianjurkan membersihkan kaca lampu depan saat kondisi lampu masih panas
  1. Dilarang menutup lampu depan dengan bahan jenis kain dan jas hujan pada saat lampu sedang menyala.
  2. Pada saat lampu menyala hindari penghalang seperti pintu dan tembok.
  3. Gunakan lampu jauh dan dekat secara bergantian dengan menggunakan switch dimmer (lampu dim) agar lampu depan lebih awet. Tindakan ini agar penyebaran panas dari bohlam lampu tidk hanya selalu berpusat pada salah satu titik lampu.

 Hindari menambahkan saklar on/off untuk mengatur sistem AHO karena  menghilangkan garansi kelistrikan pada motor anda. Efek merugikan lainnya jika  salah memodifikasi sistem kelistrikannya mengakibatkan konsletting. Berkendaralah secara aman dengan motor kesayangan Anda dan selalu patuhilah peraturan lalu lintas yang berlaku.

 

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Terpopuler

X