• Jumat, 30 September 2022

Handlebar Adalah Sentral Filling Handling, Ini Dia Produk Referensinya

- Rabu, 8 Juni 2022 | 11:55 WIB

 

WARTECHNO.COM – Setang adalah sentral penerus filling dan handling pengendara dalam berbagai momen bermanuver. Apa saja yang terdapat dan terkandug dalam sebuah setang ? simak detail uraiannya.

Oleh para insinyur setang di rancang dengan tingkat kekuatan dan fleksibilitas. Aluminium telah menggantikan baja chromoly sebagai bahan pilihan para insinyur. Aluminium memiliki kekuatan yang sama dan lebih fleksibel berikut bobotnya sepertiga berat batang baja. Setang juga dapat ditempa untuk kekuatan yang lebih besar, tanpa biaya fleksibilitas.

Kelas aluminium paling populer untuk setang adalah seri 2014, seiring perkembangan teknologi motor, beberapa pabrikan menggunakan aluminium seri 7000. Seri 7075 adalah grade aluminium terkuat yang tersedia secara komersial, tetapi grade 7010 dan 7050 memiliki ketangguhan yang lebih baik.

Untuk setang lebih strategis menggunakan tabung berdiameter 7/8 inci berkaitan dnegan diameter selongsing handgrip. Untuk motor kompetisi diameter 7/8 tidak cukup kuat, kemudian diakali dengan palang yang di las permanen. Tetapi pengelasan akan membahayakan kekuatan batang aluminium, sehingga palangnya dijepit. Crossbars mendukung setang ke arah atas/bawah, tetapi tidak efektif dalam arah maju/mundur.

Cara terbaik untuk meningkatkan kekuatan batang adalah dengan meningkatkan diameternya. Tapi, karena bagian pegangan dan kontrol harus 7/8 inci, palang harus diruncingkan. Bilah1-1/8 inci terbilang kebesaran, ada juga yang membuat bilah 1-3/8 inci. Oleh para insinyur dikombinasikan diameter batang untuk handgrip 7/8 setelahnya berdiameter lebih besar antara 1-1/8 sampai 1-3/8. Banyak pabrikan batang yang memanipulasi ketebalan dinding untuk memberi lebih banyak kelenturan ke arah ujung batang yang meruncing.

Desain batang paling kaku adalah palang 1-1/8 inci dengan palang, diikuti oleh palang ukuran super seperti Easton. Untuk lebih menambah penampilan dan lebih tahan korosi, setang dilapisi pewarnaan anodize. Pewarnaan anodize pada setang bagian luar lebih tebal dan pelapisan anodize tipis dibagian dalam, agar menjaga dari kontaminasi. Dan ujung setang diberi bandul penutup sekaligus balacer setang.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Memilih Kacamata Motocross Wajib Perhatikan Ini !

Minggu, 18 September 2022 | 21:32 WIB

Sistem Pengapian CDI-DC Lebih Banyak Kelebihan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:02 WIB

Menggunakan Rantai TDR, Begini Cara Perawatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
X