• Jumat, 30 September 2022

Pahami dalam Merubah Setang Wajib Sesuai Ergonomi Dan Kualitas

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:42 WIB

WARTECHNO.COM– Untuk Sepeda motor banyak berbagai tipe dan model setang atau handlebar. Soal desain dan kontruksinya beraneka ragam menyesuaikan kebutuhan untuk harian, touring dan kompetiisi. Misalkan Setang motocross aluminium dengan batangan padat Inter-Am awal terciptanya tahun 1970-an. Tahun 1975 , Renthal mengawali setang aluminium motocross 7/8 berpalang model jepit dan berongga. Model tersebut di tahun 2004 tercatat sebagai setang aluminium pertama yang mempunyai spesifikasi dan dipasang pada motor motocross merek Jepang.

klem rangkap tiga SFS (Smooth Feeling Suspension) yang disuspensi udara dan prototipe bar Neken SFH (Smooth Feeling Handlebar) pada tahun 2013. setang standar berukuran besar 1-1/8-inci (25.4mm) yang lancip secara bertahap hingga 22mm (7/8-inci) dan kemudian, dalam 6 inci terakhir, menjadi 18mm (5/8-inci). Akibatnya, batang SFH 5mm lebih kecil di bagian kopling dan throttle daripada di stang biasa. Namun, daripada menggunakan 5mm ekstra untuk mengurangi ukuran pegangan tangan kecil, Neken membuat pegangan dewasa ukuran penuhnya yang lebih tebal 4mm. Itu dua kali lipat ketebalan dari batang pegangan normal.

Setang di rancang dengan tingkat kekuatan dan fleksibilitas, agar lebih menyempurnakan unsur filling dan handling. Batangan berkualitas, tetapi karena dirancang untuk produksi massal, tidak mungkin mereka cocok untuk setiap pengendara. harapkan; pada kenyataannya, ini terasa fleksibel dan mengurangi getaran

Batang utama dibuat dari aluminium 2014-T6, sedangkan palang dibuat dari aluminium 6061 yang lebih lembut untuk menyerap benturan dan mengurangi kelelahan,  bahan ini untuk meningkatkan kekuatan stang dan meningkatkan kenyamanan. Seri 7075 adalah grade aluminium terkuat yang tersedia secara komersial, tetapi grade 7010 dan 7050 memiliki ketangguhan yang lebih baik.

Setang dengan bar berukuran 1-1/8 inci yang dapat digunakan dengan sebagian besar dudukan bar standar, kecuali Kawasaki saat ini dan Honda produksi dibawah tahun 2020, yang masih berukuran 7/8.   Husqvarna FC350 2020 rahasia lagi bahwa dengan rumah throttle, tombol start, master silinder rem depan, grip, sakelar mematikan, sakelar peta, dan silinder master kopling, ada ruang yang sangat terbatas di stang, terutama jika Anda beralih dari stang non-crossbar ke yang memiliki mistar gawang.

Setang yang berkualitas pada material dan kontruksinya pasti memperhatikan efek mengurangi  getaran. Pengendara dengan tangan yang lembut, kepekaan terhadap getaran batang dan pompa lengan akan menemukan batang ini sangat membantu.

Setang kemudi pastinya terhubung ke faktor ergonomic untuk meneruskan filling dalam mengendalikan handling maksimal berkendara, Ketika mengganti setang dengan alasan kenyamanan, ada faktor penting yang secara teknis wajib dipahami. Pabrikan motor sudah memperhitungan tinggi setang dengan panjang kabel gas, kabel kopling dan selang rem. Jika belum memahami dan salah perhitungan akan menyebabkan kerusakan kabel gas dan kabel kopling dan selang rem, efek dari meninggikan ukuran setang kemudi.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Memilih Kacamata Motocross Wajib Perhatikan Ini !

Minggu, 18 September 2022 | 21:32 WIB

Sistem Pengapian CDI-DC Lebih Banyak Kelebihan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:02 WIB

Menggunakan Rantai TDR, Begini Cara Perawatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
X