• Selasa, 29 November 2022

Pentingnya Merawat Rantai ! Sebaiknya Pakai Rantai Ini Berkualitas dan Usia Pakai Lebih Lama

- Sabtu, 17 September 2022 | 16:47 WIB

WARTECHNO.COM- Rantai sepeda motor merupakan salah satu komponen yang memerlukan perawatan secara rutin. Rantai yang sudah kendor sebaiknya segera disetel agar lebih kencang. Jika sudah tidak bisa disetel, maka rantai tersebut harus diganti. Untuk melakukan perawatan rantai bisa dilakukan sendiri atau harus dibawa ke bangkel. Jika perawatan ringan, misalnya membersihkan kotoran yang menempel atau memberikan pelumas rantai, maka bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk perawatan yang agak rumit Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat. Pada artikel kali ini, kami akan menguraikan taknik dan cara sederhana melakukan perawatan rantai pada sepeda motor.

Tenaga mesin motor yang dahsyat harus diimbangi dengan penyaluran tenaga yang maksimal. TDR High Performance Drive Chain 520 HDX dibuat dengan teknologi X-Ring. Menjamin kualitas pelumasan terbaik untuk rantai motor dengan tetap menjaga kesempurnaan penyaluran tenaga mesin ke roda. Pengaplikasian rantai 520 HDX pada motor besar dan off-road menjaga transfer power maksimal untuk motor Anda. Siap melibas segala lintasan mulai dari aspal yang panas hingga lengketnya tanah liat pijakan sang kuda besi.

 

Cara merawat rantai sepeda motor

  1. Bersihkan rantai dari kotoran yang menempel secara rutin. Jangan biarkan rantai dalam keadaan kotor, hal ini dapat mempengaruhi umur rantai. Dengan rantai yang terawat, sepeda motor Anda akan lebih nyaman untuk dikendarai.
  2. Saat membersihkan rantai sepeda motor, jangan dilakukan menggunakan bensin, minyak tanah, atau solar maupun minyak pelarut lain. Jika hal ini dilakukan, akan menghilangkan pelumas atau gemuk yang terdapat di sela-sela komponen rantai sehingga putaran atau gerakan rantai akan lebih terhambat.
  3. Pastikan ketegangan rantai tetap dalam kondisi normal. Cara melakukan pengecekan terhadap tegangan rantai dilakukan dengan menekan rantai pada bagian bawah ke atas. Jarak antara rantai dalam keadaan tidak ditekan dengan keadaan ditekan sekitar 20-30 mm. Jika terlalu kencang, rantai sepeda motor akan cepat aus.
  4. Jika harus mengganti gir atau roda gigi, gunakan roda gigi yang original, sehingga presisi rantai dan roda gigi bisa tepat. Hal ini juga akan memperpanjang umur rantai.
  5. Jika rantai sudah kendor, jangan lakukan pemotongan pada mata rantai, karena akan mengurangi performa ranti dan rantai mudah putus. Penggunaan rantai yang sudah tidak layak jangan dipaksanan dengan memotong mata rantainya.
  6. Jika memang sudah tidak bisa lagi dilakukan penyetelan pada tegangan rantai karena rantai sudah terlalu kendor, gantilah dengan rantai yang original. Jika dipaksakan, rantai dapat lepas dari kedudukannya, dan membahayakan pengendara.
  7. Jika menggunakan rantai yang tidak original, dikhawatirkan rantai tidak menempel pada sprocket.


Hal-hal yang dapat mempercepat kerusakan rantai

  1. Pengendara sering melakukan pengereman mendadak, dan akselerasi yang tidak stabil.
  2. Rantai sepeda motor Anda terlalu kering, oleh karena itu, berikan pelumas secara teratur.
  3. Rantai yang terlalu kering atau kekurangan pelumas dapat mempercepat timbulnya karat. Jika rantai motor Anda sudah berkarat, dapat mempercepat kerusakan rantai.
  4. Sproket yang sudah aus juga dapat mempercepat kerusakan rantai sepeda motor.
  5. Motor sering digunanakan pada medan yang berdebu atau berlumpur, hal ini akan mempercepat menempelnya kotoran pada rantai, sehingga kerusakan rantai juga lebih cepat.
  1. Kenapa rantai sepeda motor berbunyi
  2. Tidak jarang kita menemui atau mengendarai sepeda motor yang rantainya berbunyi. Rantai yang berbunyi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sprocket yang tidak center; pelumasan yang tidak teratur sehingga rantai terlalu kering; keteganan rantai tidak sesuai dengan batas toleransi, kemungkinan terlalu kendur atau terlalu tegang; dan penutup rantai yang miring atau tidak pas, sehingga terjadi gesekan antara rantai dengan penutupnya.

    Dengan perawatan rantai yang teratur, diharapkan sepeda motor Anda semakin nyaman dan aman untuk dikendarai. Hal ini tentu akan menunjang umur ekonomis sepeda motor sehingga lebih lama.

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Memilih Kacamata Motocross Wajib Perhatikan Ini !

Minggu, 18 September 2022 | 21:32 WIB

Sistem Pengapian CDI-DC Lebih Banyak Kelebihan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:02 WIB

Menggunakan Rantai TDR, Begini Cara Perawatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
X