• Selasa, 29 November 2022

Wajib Jeli menentukan Pilihan Suspensi ! Berikut Penjelasannya

- Kamis, 22 September 2022 | 13:58 WIB

WARTECHNO.COM - Pada sepeda motor terdiri dari bagian tampilan desain bodi, performa power dan handling dan suspensi. Saat ini teknologi motor terus mengalami kenaikan yang berujung pada performa.

Soal kualitas teknologi bagian power pada motorterus dikembangkan oleh pabrikan motor maupun para teknisi spesial modifikasi mesin motor atau tuner. Ada satu sisi yang vital untuk memaksimalkan dan memuaskan dalam berkendara, ketika mesin motor sudah taraf lebih kencang.

Bagian tersebuat adalah suspensi yang merupakan salah satu bagian yang termasuk dalam kelompok handling system. 

Shockbreaker motor, antara depan dengan belakang, sekarang ini umumnya menganut model yang berbeda. Depan teleskopis besar dengan pegas menyatu dengan cairan di dalamnya, sedangkan yang belakang pegasnya terpisah, berada diluar-sebagai pembalik/rebound-sistem suspensi (piston, oli/gas, as shockbreaker). 

Kalo membaca beberapa literatur, shock belakang itu selain berfungsi sebagai sistem peredam getaran juga sebagai penahan beban. Selain itu cara kerja shock belakang tidak cuma menahan gaya atas-bawah, tapi juga gaya ke depan-belakang, bekerja sama dengan sistem lengan ayun.

Sementara shock depan diutamakan untuk meredam getaran saja, sedangakan fungsi menahan beban dikurangi, makanya shock depan lebih lembut daripada shock belakang. Juga untuk kenyamanan pengendaranya.

Kok ada juga juga shock depan yang menggunakan sistem lengan ayun dan juga leading link. Mungkin itu pertimbangannya lain, dan terbukti tidak terlalu banyak dipakai

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Memilih Kacamata Motocross Wajib Perhatikan Ini !

Minggu, 18 September 2022 | 21:32 WIB

Sistem Pengapian CDI-DC Lebih Banyak Kelebihan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:02 WIB

Menggunakan Rantai TDR, Begini Cara Perawatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
X