• Selasa, 29 November 2022

Pahami Rantai dan Gir Roda Beserta Perbedaannya Agar Tepat Penggunaan

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 16:46 WIB

 


WARTECHNO.COM - Rantai dan gir roda adalah penerus daya pada power mesin sepeda motor, tanpa ranted an gir motor model semi otomatis dan manual tidak akan berarti alias tidak bisa lari apaplagi bermanuver.

Jadi sebaiknya pahami karakter rantai dan gir termasuk materialnya sebelum menggunakan. Ratai ada masanya harus diganti karena telah berkurang tingkat presisinya kinerjanya alias rantai melar.Kalau di biarkan berpotensi berbahaya saat berkendara.

 Pastikan menggunakan rantai yang layak ,ssuai kebutuhan performa motor dan gaya berkendara. Tanda –tanda rantai harus diganti, minimal di setel ulang dengan ciri : lebih kuat getaran atautingkat kebisingan, panjang rantai telah nerlebihan dari batas toleransi standarisasi pabrikan, lebih cepat menggerus gir roda, sendi rantai dan bantalannya.



Penyebab rantai dan gir cepat aus adalah setelan rantai dengan posisi roda tidak imbang.Jika begitu, hasilnya posisi gir roda dan rantai akan miring dan biasanya ditandai gejala bunyi tidak nyaman. Terlalu dan kencang dan terlalu kendur juga,penyebab cepat ganti baru rantai dan gir roda. Perhatikan jika mengendur minimal setengah dari gigi sprocket, itu tanda tak lama lagi rantai dan gir diganti baru.

 Biasakan mengecek ukuran rantai dan gir roda setiap 500 km, atau lebih baik di cek  setiap minggu secara berkala. Biasakan melumasi dengan cairan khusus rantai dan hindari pelumasan yang berlebihan, selain mubazir juga mengotori bidang lain.Saran dari mekanik, sebaiknya saat melumasi rantai dan gir, gunakan selang penghubung semprotan agar lebih detaulmenjangkau antar bagian rantai, terutama sendi pin dan bushing rantai.” Idealnya rantai dan gir roda dipantau seminggu sekali, atau maksimal 500 km.hindari pakai gir roda alumunium untuk harian, selain tidak rekomended pabrikan juga mubazir tidak ada keuntungan performa. Gir alumunium hnaya untuk motor kompetisi,” Bilang Zakaria tuner  asal Jack Speed babelan, Bekasi Utara.

 Pada rantai terdapat tipe  O-ring dan X-ring yang berposisi diapit antara link pin dan pelat rol link . Juga sebagai penghalang dan menyimpan pelumas/grease dalam rol link. Fungsinya sebagai pencegah dan penahan kotoran agar tidak mudah masuk ke penghubung rantai, agar rantai tidak lekas aus.

 Perbedaan O-Ring dan X-Ring

 Perbedaan O-Ring dan X-Ring pada rante adalah : Kontruksinya berbdeda berbentuk O dan X. X-ring modelnya seperti O-Ring namun mempunyai penampang berbentuk X sebagai segel flatside. X-Ring memiliki kontak traksi lebih besar berkat karakter sidepaltes nya. Terdapat empat titik kontak membuat segel lebih ketat untuk menjaga pelumasan dan kotoran yang keluar.

Halaman:

Editor: Munandar Nuch Arsih

Tags

Terkini

Memilih Kacamata Motocross Wajib Perhatikan Ini !

Minggu, 18 September 2022 | 21:32 WIB

Sistem Pengapian CDI-DC Lebih Banyak Kelebihan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:02 WIB

Menggunakan Rantai TDR, Begini Cara Perawatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:53 WIB
X